SELAMAT DATANG

Terimakasih Anda telah mampir di blog ini. Blog ini sebagai tempat berbagi apa saja demi hidup yang lebih baik. Saran dan kritik senantiasa kami tunggu demi berkembangnya blog ini.
Matur nuwun ...

Rabu, 06 April 2011

LIFE LONG LEARNING

Belajar seumur hidup? 
Pertanyaan seperti itu sering keluar dari orang yang belum tahu makna dari belajar. Selama ini belajar selalu dikaitkan dengan keberhasilan di sekolah yaitu dengan memeroleh nilai akademis yang bagus.
Sejatinya belajar itu tidak hanya di sekolah. Belajar yang dimaksud di sini adalah kegiatan kita yang dapat membuat kebiasaan baru untuk meningkatkan kualitas hidup. Artinya merlatih diri kita sehingga kita memiliki sesuatu kemampuan yang baru atau kemampuan yang semakin tinggi. Seorang bayi pun tentu belajar. Dari belajar menyusu pada ibunya, menguyah makanan, miring, tengkurap dan seterusnya.
Belajar daat berupa belajar ilmu pengetahuan, keterampilan fisik, dan belajar bersikap. Kita bisa memandang segala hal yang kita alami sehari-hari sebagai kesempatan belajar. Dunia atau alam semesta ini ibarat sebuah sekolah raksasa dimana kita bisa belajar apa saja. 
Jadi makna dari belajar tidak harus selalu berarti belajar di sekolah. Jika kita mampu membuat kebiasaan baru atau merubah kebiasaan lama menjadi lebih baik itulah yang dinamakan belajar. Keberhasilan dari belajar adalah berubahnya kebiasaan/habits kita menjadi lebih baik, lebih bermakna dan lebih berguna bagi orang lain, lingkungan dan seterusnya. Oleh karena itu belajar seumur hidup adalah belajar merubah kebiasaan menjadi lebih baik dan bermanfaat bagi diri sendiri atau orang lain.
Buatlah hidup kita lebih bernakna dan berguna dengan belajar ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda adalah semangat bagi kami untuk senantiasa lebih maju.